ATAS NAMA

Written By BAGUS herwindro on Mar 3, 2014 | March 03, 2014

Misal saya masih dalam usia sekolah dasar atau usia sekolah menengah pertama dan kebetulan pada saat itu ayah saya sudah habis jatah ruang dan waktunya alias dipanggil menghadapNya, dapat saya bayangkan bahwa saya akan menangis.

Yang menjadi pertanyaan adalah untuk siapa sebenarnya tangisan saya itu ?

Apakah tangisan saya itu untuk ayah saya, dalam arti saya kasihan kepadanya sebab beliau masuk liang kubur sendirian tidak ada yang menemani, serta teringat pula bagaimana nasibnya nanti di dalam kubur ?

Ataukah tangisan saya itu sebenarnya untuk diri saya sendiri, sebab ketergantungan terhadap ayah saya masih tinggi, saya berpikir siapa nanti yang akan mengantar jemput saya sekolah atau saya juga berpikir tentang siapa nanti yang akan membiayai kehidupan saya karena selama ini tulang punggung keluarga adalah ayah saya.

Dari dua pertanyaan itu, rasanya saya memilih yang nomor dua. Saya menangis bukan menangisi ayah saya, melainkan sebenarnya menangisi diri saya sendiri.

Dalam hal lain saya kira perlu juga hal itu dipertanyakan agar tidak terlarut dalam suatu perasaan yang seolah-olah benar dan agar jangan sampai hal itu menyebabkan salah langkah dalam mengambil suatu keputusan untuk suatu masa di depan sana.

Banyak hal yang terjadi yang mengatasnamakan "sesuatu" padahal sesungguhnya tidak atas nama "sesuatu" itu melainkan atas nama diri dan kepentingan sendiri.

Mudah-mudahan tidak sampai terlarut dalam situasi yang mengatasnamakan cinta, mengatasnamakan rakyat, mengatasnamakan kebenaran atau pun yang lainnya, terlebih lagi mengatasnamakan tuhan.

Semoga Panjenengan dan saya diberi kemampuan untuk tegas dan berani jujur pada diri sendiri.


Semoga ada manfaatnya.
Share this article :
Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment

IG
@bagusherwindro

Facebook
https://web.facebook.com/masden.bagus

Fanspage
https://web.facebook.com/BAGUSherwindro

Telegram
@BAGUSherwindro

TelegramChannel
@denBAGUSotre

 
Support : den BAGUS | BAGUS Otre | BAGUS Waelah
Copyright © 2013. den Bagus - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger